Jumat, 05 Juli 2013

RAPAT KERJA NASIONAL SEMANGAT MEMBANGUN INDONESIA HEBAT

Bertempat di villa Rindu Alam, salah satu villa yang memiliki pemandangan alam yang indah, RAKERNAS SMIH digelar. Sekitar 40 anggota SIMH dari berbagai daerah seperti Lampung, Jakarta, Semarang, Jepara, Madiun, Solo, dan tidak lupa perwakilan dari pemuda Hidayatullah yang akan menjadi partner kolaborasi SMIH untuk turun ke masyarkat turut hadir dalam RAKERNAS ini. Acara ini akan berlangsung selama 3 hari dengan agenda Training The New You Institute, RAKERNAS, dan musyawarah pemilihan kepengurusan SMIH. Tidak hanya itu saja, Cabang kegiatan dari SMIH yaitu Desa Hijau Makmur akan turut dibahas dalam Rakernas ini.
Hari pertama para peserta RAKERNAS mengikuti Training The New You Instititute. Sebuah training pola pikir membangun diri berbasis nilai diri yang dipimpin oleh Zulfikar Alimuddin, yang juga seorang entrepreneur dan social worker. Dalam pelatihan ini para peserta diajak untuk membuat 7 tingkatan manifesto mereka masing-masing dengan tujuan bahwa setiap peserta memiliki gambaran bagaimana mereka memulai untuk membangun diri dengan berdasar kepada nilai dan potensi diri masing-masing. Tidak lupa pula TNYI menganjak seluruh peserta untuk mengikuti pemilihan 49 TOKOH MUDA THE NEW YOU PERSON yang pada akhirnya profil mereka akan dibukukan dalam lanjutan serial buku The New You.

Hari kedua diawali dengan sosialisasi dari Koperasi Pemuda Indonesia Hebat yang juga sebagai gerakan SMIH untuk memakmurkan dan mengangkat harkat martabat masyarakat. Dalam sosialisasi ini dibangun sebuah pemahaman bagaimana membentuk suatu gerakan mensejahterakan melalui koperasi dan terbentuklah turunan dari KPIH yaitu LKIH ( Lembaga Keuangan Indonesia Hebat)
Setelah sosialisasi KPIH selesai dilaksanakan maka mulailah acara inti dari RAKERNAS SMIH yaitu pembagian kelompok untuk sidang komisi. Komisi tersebut antara lain Komisi SMIH pusat< Komisi SMIH daerah, Komisi DHM, Komisi Lembaga Keuangan Indonesia Hebat, dan Komisi KPIH. Dalam sidang ini para peserta membuat SOP dengan metode Business Process dan business model Canvas dengan tujuan untuk mempermudah pembuatan dan kesesuaian apabila akan dibentuk program di daerah – daerah lain. Pada sesi berikutnya wakil dari komisi mempresentasikan apa yang meraka buat dan didiskusikan dengan komisi lain.
Hari ketiga adalah hari terakhir dalam Rakernas SMIH. Pada hari ketiga ini terpilihlah pengurus dari SMIH Pusat yaitu Ayub As’ Ari sebagai Ketua Umum SIMH. Akhir dari RAKERNAS SMIH adalah awal dari action SMIH untuk turun ke masyarakat dan membantu mensejahterakan masyakat. SMIH berkomitmen untuk terus menyebarkan pemuda-pemuda ke seluruh pelosok indonesia dengan tujuan untuk mengangkat harkat martabat manusia. Dengan berteriak “SMIH !!! AKU HEBAT BANGSAKU HEBAT!!!!” RAKERNAS SMIH dinyatakan selesai. Keberlanjutan Rakernas ini akan ditindaklanjuti dalam Rakornas 6 bulan mendatang.
Salam HEBAT
SMIH
“AKU HEBAT BANGSAKU HEBAT”

Tawangmangu, 15-17 Februari 2013

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar